4,622 Views

Cara Mudah Membuat Server dengan XAMPP di GNU/Linux

Membuat server web sendiri tak sesulit yang dibayangkan orang. Semua informasi yang dibutuhkan tersedia di internet. Bahan-bahan yang diperlukan (perangkat lunak) juga bisa didapatkan secara gratis di internet. Tidak diperlukan seorang komputer geek untuk membuat server web. Setiap orang yang mempunyai kemampuan dasar komputer pasti bisa melakukannya. Syarat utama tentu saja adalah koneksi internet yang memadai.


Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan bila kita mempunyai server web sendiri. Keuntungan utamanya tentu saja kita tidak lagi harus membayar jasa web hosting. Keuntungan kedua kita bisa memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, sebesar kapasitas cakram keras yang kita miliki. Dan kita bisa juga mengkaryakan server web kita dengan menyewakan sebagian kapasitas untuk web site teman-teman. Mengelola server sendiri juga membuat server web kita lebih reliabel karena bisa selalu dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan kita berdasar informasi terbaru yang bisa kita dapatkan dengan mudah lewat internet.

Banyak orang setuju dengan pernyataan bahwa tidak mudah untuk melakukan instalasi Apache web server di GNU/Linux apalagi jika sudah melibatkan MySQL, PHP dan Perl. Tapi sesuai dengan judul artikel ini, pada workshop kali ini kita akan menerapkan cara mudah untuk membuat server web yaitu dengan memanfaatkan aplikasi XAMPP. XAMPP adalah suatu aplikasi Apache yang di dalamnya juga termasuk MySQL, PHP dan Perl. Kita hanya perlu mengunduh, mengekstrak dan ditambah sedikit langkah optimasi, setelah itu server web kita sudah bisa diakses dari seluruh dunia.


Mari kita mulai, pertama unduh XAMPP di website Apache Friends. Arahkan penelusur (browser) Anda ke http://www.apachefriends.org/en/XAMPP-linux.html (Gambar 1). Unduh XAMPP versi Linux, XAMPP-linux-1.5.5a.tar.gz. Anda bisa juga mengunduhnya lewat konsole dengan menggunakan wget, ketikkan:

$ wget http://www.apachefriends.org/download.php?XAMPP-linux-1.5.5a.tar.gz

Selanjutnya lakukan ekstraksi file kompilasi tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus melakukan ekstraksi melalui konsole dan tidak melalui software ekstraksi dibawah sistem operasi MS Windows seperti WinRar atau WinZip. Beberapa file akan korup bila kita melakukan ekstraksi dengan cara ini. Untuk melakukan ekstraksi lewat konsole caranya sangat mudah, cukup ketikkan perintah:

$ tar xvfz XAMPP-linux-1.5.5a.tar.gz -C /opt

Tambahan perintah -C /opt berfungsi untuk meletakkan file hasil ekstraksi ke direktori /opt, sehingga Anda perlu login dahulu sebagai root sebelum menjalankan perintah ini. Tunggu proses ekstraksi berjalan dan sekarang XAMPP sudah terinstall di komputer Anda dalam direktori /opt/lampp, cukup mudah bukan?

Untuk menjalankan XAMPPs cukup ketikkan perintah $ /opt/lampp/lampp start selanjutnya akan terlihat parameter (Gambar 2):

Starting XAMPP for Linux 1.5.4a…
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

Hal ini berarti server telah berjalan. Untuk mengecek keberadaan server ini coba buka penelusur Anda dan arahkan ke http://localhost/ pastinya akan terlihat tampilan selamat datang dari XAMPP (Gambar 3). Walaupun sekarang server sudah bisa diakses oleh publik dari internet namun tentu saja web server ini belum aman untuk digunakan. Database dari server ini dapat diakses pihak luar karena belum terlindungi oleh password. Untuk memperbaiki masalah keamanan ini jalankan perintah:

$ /opt/lampp/lampp security

Perintah ini akan mengecek keamanan dari server kita. Dalam prosesnya Anda akan diminta untuk melengkapi server Anda dengan password sehingga server Anda lebih terjamin keamanannya (Gambar 4). Untuk melihat hasil dari update keamanan yang baru saja kita lakukan, klik pada menu Security pada tampilan XAMPP di penelusur. Akan terlihat status keamanan website Anda yang lebih terjamin (Gambar 5).

Oke sekarang server web telah aman dan siap diakses. Langkah selanjutnya adalah meletakkan file-file website Anda dalam Apache DocumentRoot direktori yaitu: /opt/lampp/htdocs/. Setelah semua siap, website Anda bisa diakses lewat internet dengan mengarahkan penelusur ke alamat IP komputer Anda. Misalkan alamat IP server web Anda adalah 216.239.39.99 maka server web Anda bisa diakses oleh publik lewat penelusur dengan mengetikkan http://216.239.39.99. Jika Anda memiliki alamat IP yang dinamis, Anda bisa mengetahui alamat IP Anda dengan mengakses http://whatismyip.com. Langkah terakhir adalah membeli sebuah nama domain untuk alamat IP Anda. Nah, cukup sederhana bukan?

Sebagai catatan artikel ini dipraktekkan pada distro Mandriva 2005, namun menurut dokumentasi XAMPP, untuk distro-distro GNU/Linux lainnya seperti SuSE, RedHat, dan Debian dipastikan tidak ada perbedaan yang berarti.

Related posts:

  1. Video Streaming dengan RealPlayer di GNU/Linux
  2. Memasang Firefox 2 di GNU/Linux
  3. Berkenalan dengan Mouse Gesture di GNU/Linux
  4. VPN client di Linux
  5. Nonton Youtube di Linux

41 thoughts on “Cara Mudah Membuat Server dengan XAMPP di GNU/Linux

  1. wirawax

    xampp bagus!
    tapi mo nanya nih:
    saya baru saja install mandriva 2007 dengan web server, mysql, dan php, perl-nya. apachenya saya set otomatis run jika booting.
    masalahnya, kalau saya buat website, ditaruh di mana website saya? kalo pake xampp kan di opt/lampp/htdocs/, kalo pake bawaannya mandriva sendiri di mana naruhnya?
    trus kalo install xampp, konflik gak ya dengan yg bawaannya mandriva.
    thx a lot atas jawabannya. kalo mau japri sangat dihargai

  2. Bhina Patria Post author

    Wah mas sorii belum tahu saya, soalnya waktu itu saya pasang mandriva tanpa aplikasi2 server. Coba aja mas pasang XAMPP, saya pikir gak bakal konflik. yg versi bawaan mandriva kan belum jalan to? coba aja mas :D Matur nuwun

  3. DICKY

    Jikalau di Linux semua file yang ingin disimpan bisa di /var/www/html/

    Biasanya di apachenya sendiri harus ada konfigurasinya.

    Kalau sudah menginstal aplikasi web server saat instalasi, maka pada servicenya bisa dimatikan servicenya. dimana nantinya service xampp-nya yang menjadi service untuk web server.

    Semoga membantu

  4. bangaiptop

    Mas/Mbak… Sekalian dong bikin tutorial IP forwarding, apabila server dibelakang firewall/router. Lebih bagus lagi apabila disertai penjelasan port forwarding gratisan macam service DynDNS atau No-IP.

    *Hehehe… maap, kebanyakan mintanya. Hehehe*

  5. bhina

    bisa saja mas Saiful, tidak ada masalah. Jangan lupa aksesnya nanti di localhost/folder_yg_baru. wah terlalu sulit mas buat saya untuk buat artikel2 tersebut he3…:D. Terima kasih.

  6. sigma

    sebelumnya terimakasaih mas saiful, oh ya mas kok software nya ngak bisa di download ya mas ya, tolong ya mas saiful saya ini sedang latihan web desain pakai linux, hehehehe, terima kasih atas perhatiannya

  7. boedak

    pMisi:
    Klo install sech rada gampang kali, yang mau aku tanyain konfigurasi mercury mailnya gimana…
    trus klo baca mail di mercury mail itu bagusnya pake apa

  8. vulkan abriyanto

    Setuju kalo XAMPP emang bagus plus simpel namun mohon penjelasannya tentang perbedaan konfigurasi “httpd” antara XAMPP pada Linux dan Windows,
    Maklum……Newbie buanget sih…di linux…
    Insyaalloh kalo di jlentrehkan sekolah kami akan menggunakan server linux yang sudah termashur keamanannya.
    Terimakasih jika berkenan memberikan tutorial XAMPP ini via japri/e mail

  9. fendi

    thanks…banget artikelnya mas..sangat membantu saya..tp kalau membuat xampp running otomatis gimana ya mas…soalnya saya mesti ngetik perintah /opt/lampp/lampp start ketika kompt nya dihidupin/restart

  10. Priyo

    Websitenya TOP BGT BUANGETTTTT.., sepp mas,ikutan tanya juga mas hehehe..,kalo buat server email yang mudah gimana ya mas..?mungkin bisa dimuat di web ini untuk masa yang akan datang, termakasih mas udah sediakan tempat untuk comment ini :D

  11. mapays

    mas saya ada problem dengan XAMPP,……..
    saya pake RHEL 4.
    [root@localhost mapays]# /opt/lampp/lampp start
    Starting XAMPP for Linux 1.6.6…
    XAMPP: XAMPP-Apache is already running.
    XAMPP: XAMPP-MySQL is already running.
    XAMPP: XAMPP-ProFTPD is already running.
    XAMPP for Linux started.
    [root@localhost mapays]# gammu –smsd MYSQL /etc/smsdrc
    Unknown service type (“MYSQL”)
    [root@localhost mapays]#

    yang saya tanyakan, apakah bisa menjalanakan smsd menggunakan XAMPP-MySQL?
    kalo yang default kan menggunakan mysql standart.
    jadi kalo kita mau jalanin service smsd tinggal mengetikan perintah “gammu –smsd MYSQL /etc/smsdrc”?
    kalo kita menggunakan mysql-xampp gimana yaa??

    mohon bantuanya ya mas…
    thanks!

    mapays

  12. bhina

    @ Chandra: tanya saja mas itu domain service nya. sy pikir gak sulit kok, tinggal bilang sy punya server dengan no IP sekian sekian…. terus mau beli domain untuk alamat IP tersebut. gitu mas :D

    @ Budi: sy pernah nyoba dulu mas phptriad. tp cm dipakai untuk localhost. sy pikir bisa jg dipakai untuk server. coba aja dulu mas. klo menurut sy sih lebih bnyk dukungan/support xampp deh mas drpd phptriad :)

  13. yusuf

    Mas, web server saya sudah jalan di local host dan jaringan LAN, masalahnya gimana biar temen saya yang ada di luar kota yang menggunakan internet bisa akses web server saya

  14. yusuf

    Mas, web server saya sudah jalan di local host dan jaringan LAN, masalahnya gimana biar temen saya yang ada di luar kota yang menggunakan internet bisa akses web server saya, Cepetan balasnya:((

  15. gisela arum

    bikin web server dengan xampp udah bisa di install, tapi kok abiz itu q mau jalaninnya malah jadi eror, padahal sudah disetting memanggil webnya dari home sudah bisa tapi terus setelah dicoba lagi xampp eror, phpmyadminnya tidak mau muncul, kenapa yach??? :)

Leave a Reply